Blog yang membahas seputar berita terbaru dan tips dan juga trik.

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas


Strategi memperoleh backlink bernilai - Backlink adalah salah satu dari kategori SEO off page. Adalah sebuahproses atau kegiatan menamam URL (Uniform Resource Locator) pada website lain untuk memperoleh SERP (search engine result page)/ halaman pencarian yang diharapkan. Backlink ini sangat penting peranannya dalam SEO (search engine optimization. Backlink sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu backlink natural dan backlink manual.

Website tak jarang memakai beberapa  teknik backlink untuk meningkatkan kepadatan jumlah backlink yang merujuk pada website web mereka. Beberapa metode gratis untuk dipakai terhadap semua orang, sedangkan beberapa metode, semacam linkbaiting, memerlukan sedikit perencanaan dan pemasaran online untuk bekerja. Beberapa website web tersandung pada "linkbaiting" dengan cara natural (alami); website yang pertama dengan berita hebat 'Berita' mengenai seorang selebriti adalah contoh yang baik itu. Ketika "linkbait" diperbuat, tak sedikit website bakal menautkan ke website sebab ada info di sana yang ekstrim hebat sejumlah besar orang.
Sumber: Wikipedia.org

Selama mesin penelusur semacam Google, Bing, Yahoo! dan lainnya tetap nasib dan belum tergantikan, peranan backlink tetap sangat diperlukan hingga saat ini. Tetapi penanaman backlink yang tak cocok bakal menyebabkan website web/ blog Kamu diabaikan oleh mesin pencari (khususnya Google yang sangat agresif dengan kecurigaan backlink 'manual').

Backlink dengan cara manual terbagi menjadi dua jenis, yaitu white hat dan black hat. White hat adalah teknik mencari backlink yang pada dasarnya disukai oleh Google. Sebaliknya, black hat adalah teknik SPAM untuk memanipulasi Google dengan tujuan untuk mempercepat perkembangan ranking di halaman pencarian. White hat susah dicari, makanya para webmaster lebih suka black hat meski mengandung risiko yang besar untuk masuk ke penalti Google. Meski demikian, white hat sangat bersih dan risiko terkena 'hukuman' penalti dari Google sangat kecil sebab backlink terkandung dari tutorial yang aman.

Supaya Kamu tak terjebak, berikut link building yang dikategorikan sebagai black hat yang tak baik.
Private blog network (PBN).
Redirect 301.
Guest blog dengan cara berlebihan di website web bernilai rendah.
Submit artikel di direktori dan press release.
Web 2.0 yang hanya terdiri dari satu hingga dua buah artikel.
Membeli backlink (memakai jasa backlink).
Linkwheel.
Spam di forum.
Spam di komentar blog.
Submit ke sosial bookmark dengan cara berlebihan.
High OBL (Situs web yang mengeluarkan tak sedikit tautan keluar, tak sedikit tautan tersebut menautkan pada website ilegal).
Dan lain-lain.

Lebih baik Kamu tinggalkan teknik black hat di atas demi kesehatan blog Anda. Hukuman dari Google tak tanggung-tanggung untuk pemakai teknik di atas. Google telah mempersiapkan tak sedikit prajurit semacam Google Penguin, Sandbox, dan sebagainya. Saya pun sempat terkena akibatnya, dan akhirnya membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.

Sedikit lanjutan mengenai black hat. Black hat ditemukan oleh para praktisi SEO yang rutin mencari tutorial untuk sukses meperbuat tekniknya untuk memperoleh ranking yang diharapkannya di Google. Teknik hitam ini mekegunaaankan lubang-lubang yang belum diketahui Google. Tetapi lubang tersebut terus sempit sebab Google caranya dalam menentukan posisi di halamannya. Faktor ini biasa disebut algorithm atau dalam bahasa Indonesia disebut algoritma.

Jadi, saya bisa katakan bahwa memakai teknik black hat hampir percuma, sebab penentuan ranking di Google rutin berubah-ubah. Beda dengan white hat, apapun perubahannya, nilai tetap nilai. Jadi Kamu bakal rutin berada pada zona aman apabila memakai teknik white hat, meski hasilnya terkadang lebih lambat.

Sebetulnya bagaimana sih faktor backlink yang bernilai itu? Nyatanya Google menyukai backlink yang semacam di bawah ini.

Faktor mutlak backlink yang bernilai


1. Anchor text

Anchor text adalah tulisan tayangan dari hyperlink atau link yang ditanamkan. Contoh: Apa Itu SEO - Arti SEO, IndoTrikTricks.Net | Gudang Info dan Trik dan Trik, dan lain-lain.

Pemasangan anchor text yang cocok bisa membikin website Kamu memperoleh poin plus. Gunakan anchor text yang mengandung kata kunci yang RELEVAN pada website web/ blog Anda. Tapi terkadang, anchor text juga tak wajib memakai kata kunci. Kamu bisa memakai brand website Anda. Sebagai contoh; INDOTIPSTRICKS.NET, JalanTikus, dan lain-lain. Tidak hanya brand, Kamu juga bisa menautkan 'naked' URL. Semacam; http://www.indotriktricks.net, http://www.google.com. Penanaman semacam ini sangat dianjurkan, jadi jangan rutin memakai kata kunci pada anchor text.

2. Sumber backlink

Sumber backlink ini adalah faktor important (penting sekali) untuk kemajuan website Anda. Bila Kamu menanamkan backlink tak pada tempat yang benar, maka mesin pencari khususnya Google bakal memberbagi hukuman terhadap website Anda. Hukuman yang diberbagi beragam, mulai dari penalti semacam Sandbox dan Deindex, dan lain-lain.

Jadi sumber backlink semacam apa yang bernilai? Coba Kamu lihat di bawah ini.
Situs web populer: Semacam Facebook, Google, YouTube, dan lainnya.
Situs web yang relevan atau satu niche: Satu niche di sini maksudnya adalah website dengan website yang ditanamkan backlink mempunyai topik yang sama.
Blog 2.0: Semacam Blogger, Wordpress, Joomla, dan sejenisnya.
Situs yang mempunyai DA, PA, PR, dan backlink yang tinggi: DA yang tinggi adalah di atas 40, sedangkan PA yang tinggi adalah di atas 35. Untuk PR di atas 3, dan backlink di atas 7.000
Dari website web .EDU dan .GOV: Google sangat menyukai kedua website tersebut, dan biasanya website tersebut mempunyai PR yang tinggi. Jadi usahakan pada setiap website mempunyai beberapa backlink dari .EDU dan .GOV

3. Jumlah backlink

Walau backlink sangat diperlukan, tetap ada aturan pemakaiannya, semacam jumlah backlink. Jumlah backlink yang terlalu tak sedikit menyebabkan website Kamu dianggap SPAM oleh Google. Google bakal mendeteksi bahwa optimasi yang diperbuat berlebihan, jadi Kamu bakal dimasukkan kedalam PENJARA milik Google.

Menurut beberapa ahli SEO, backlink ditanamkan per hari dengan 'takaran' secukupnya saja. Misal, sehari menanamkan 1-5 backlink maka website Kamu tetap dikatakan normal oleh Google.

Bagaimana tutorial memeriksa backlink? Mudah sekali, Kamu bisa memakai tools Ahrefs. Caranya masukkan website Kamu ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol SEARCH LINKS. Maka kelak bakal tampak jumlah backlink pada website Anda.

Tools lain untuk memeriksa backlink adalah: backlinkwatch.com, monitorbacklinks.com, dan lain-lain.

4. Rel nofollow dan dofollow

Tidak sedikit blogger/ webmaster yang berpendapat bahwa tautan yang bersifat nofollow telah tak berlaku lagi atau telah mati. Kenyataannya, nyatanya tautan nofollow bisa menolong menyeimbangkan dengan tautan dofollow.

Lebih baik sebelum lebih jauh lagi, kami kenali dulu apa itu nofollow dan dofollow. Nofollow adalah tautan yang tak bakal dirayapi oleh mesin pencari, sedangkan dofollow adalah tautan yang bakal dirayapi oleh mesin pencari dan memberi nilai tambahan terhadap website Anda.

Menurut ahli SEO, tautan nofollow tetaplah diperlukan untuk memberi keseimbangan supaya Google tak 'mencurigai' website Anda. Jelas saja, masa' ada website yang mempunyai backlink ribuan dan isinya dofollow semua? Pastinya Google bakal curiga bukan?

Persentase nofollow yang disarankan adalah 30-50%

Tadi kami telah mengulas mengenai faktor yang membikin website Kamu dinilai baik oleh mesin pencari, khususnya Google pastinya. Kini mari kami bahas topik mutlak kami yakni macam-macam teknik backlink yang cocok yang bisa Kamu terapkan.

5. Low OBL

Ya pasti saja, OBL rendah. Semacam tadi yang telah saya katakan, OBL adalah tautan keluar. Google tak menyukai website web yang terlalu tak sedikit mempunyai tautan keluar, dan Google bakal menge-capnya sebagai website SPAM. Semacam yang diketahui, Google tak suka SPAM, kalau Kamu menanam backlink di website SPAM berarti Kamu terkena akibatnya juga.

Jadi, tanamlah backlink pada website yang mempunyai OBL rendah atau tautan keluar yang sedikit. Konten tak sedikit, tautan keluar sedikit, ini yang disukai Google.

6. DA, PA, dan PR tinggi

DA (Domain authority), PA (Page authority), dan PR (PageRank) adalah sebuah nilai website web. Ketiganya mempunyai peranan penting, lebih baik Kamu menanam backlink pada website yang mempunyai DA, PA, maupun PR yang besar.

Menurut ahli SEO, DA yang tinggi adalah 40 ke atas, PA yang tinggi adalah 40 ke atas, dan PR yang tinggi adalah 3 ke atas.

Bagaimana tutorial memeriksa DA, PA, dan PR? Sangat mudah, Kamu bisa memakai multipagerank.com. Silakan Kamu masukkan website web yang ingin dilihat dan klik tombol Check.

7. Top level domain (TLD)

Siapa sangka Google lebih bahagia dengan backlink yang berasal dari website berdomain TLD ketimbang yang tetap tergantung dengan web 2.0 semacam blogspot.com, wordpress.com, dan lain-lain. Faktor ini bukan berarti kami tak butuh memasang backlink melewati domain 2.0, BUKAN! Tetap
i, tidak hanya membangun backlink pada web 2.0, jangan lupa bangun jugapada website ber-domain TLD.

Cara mendapatkan backlink berkualitas itu banyak caranya,

Teknik backlink ini adalah aliran dari beberapa master dan ahli SEO blogger, kemudian dirangkum menjadi satu materi lengkap.

1. Tukaran link dengan website lain

Ada yang berpendapat bahwa tutorial ini adalah tutorial SPAM dan bisa berakibat kurang baik. Tapi kalau menurut saya, bila kami menaruhnya pada konten (artikel) itu tetap bernilai. Tukarlah link Kamu dengan website yang se-niche, jangan lupa tetap perhatikan bahwa website tersebut mempunyai 'prestasi' yang keren.

Untuk meperbuat teknik ini, carilah niche website web/ blog Kamu di pencarian Google, lalu klik satu hingga sepuluh website web atau blog yang ada di halaman pertama. Lalu ajak pemiliknya untuk tukaran link dengan website Anda. Bila tak ada yang minat, Kamu bisa mencarinya di sosial media semacam Facebook.

Ingat! Tukar link hanya dibagian artikel saja. Jangan dibagian sidebar, footer, header, atau apapun sebab bisa membikin website Kamu merosot dari halaman pencarian Google.

2. Teknik Footprint

Teknik Footprint atau jejak adalah salah satu teknik tutorial membikin backlink bernilai sebab bakal sangat berkegunaaan untuk menemukan website bernilai khususnya pada domain .edu dan .gov. Kenapa wajib domain tersebut? Sebab .edu maupun .gov rata-rata mempunyai reputasi yang baik di mesin pencari dan juga mempunyai DA, PA, dan PR yang tinggi,. Lezat bukan? Faktor tersebut wajib kami kegunaaankan.

Cara untuk meperbuatnya terbilang mudah, ada kode atau perintah khusus yang boleh Kamu ketikkan di pencarian Google, berikut kodenya:
 site: .edu " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .gov " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .com " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .net " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
site: .org " post a comment" - "comments closed" - "you must be logged in" "KATA KUNCI"
keyword site: .edu inurl:blog "post a comment" -"you must be logged in"

Catatan:
Tulisan yang dicetak tebal
adalah domain website yang bakal dituju.
Tulisan yang diberi warna
MERAH
adalah kata kunci, silakan diganti dengan topik website web/ blog Anda. Misal: SEO, Tutorial, Teknologi, dan lain-lain.

 Seusai itu Kamu bakal bisakan bermacam-macam situs, silakan pilih saja dari yang tertinggi, lalu coba untuk posting komentar di kolom komentar pada website tersebut. Jangan lupa sisipkan link ke website Anda. Eits.. tapi ingat, jangan SPAM ya. Sebab bagaimanapun juga Google tak suka dengan tutorial SPAM. Dan lihat juga, apakah telah tak sedikit tautan keluar pada website tersebut, kalau tak sedikit mending cari yang lain saja, hingga menemukan yang low OBL.

3. Posting tamu

 Posting tamu atau guest posting lumayan berkegunaaan untuk kemajuan website Anda. Caranya dengan menjadi tamu pada situs-situs yang mempunyai reputasi keren dan menuyediakan fitur guest post.

Biasanya peraturan untuk mempublikasin artikel adalah Kamu tak boleh meperbuat link yang diulang-ulang dan tak relevan dengan artikel yang Kamu buat. Jadi buat artikel di guest post yang relevan dengan artikel yang ada di website Anda, lalu sisipkan sedikit link mengarah artikel atau website Anda.

Cara memperoleh backlink melewati posting tamu adalah dengan membikin artikel yang asli atau belum sempat dipublikasikan di website manapun, lalu Kamu bisa menaruh tautan ke website Anda, baik ke homepage maupun ke dalam sebuahhalaman.

Beberapa website yang menyediakan guest post:
Rizkyzone.com
Sugeng.id
INDOTIPSTRICKS.NET


4. Forum

Forum adalah sebuah komunitas yang berdiskusi mengenai sebuahtopik. Di sana kami bisa bertanya-tanya atau mengemukakan pendapat mengenai sebuahhal.

Biasanya, forum menyediakan fitur posting, komentar dan beberapa menyediakan signature. Pada fitur signature ini kami bisa mekegunaaankannya untuk menyampaikantan ke website kami yang bisa menjadikannya BACKLINK BERKUALITAS. Ingat, beberapa saja.

Walau sebagian tak memberbagi fitur signature, kami tetap bisa mekegunaaankannya dengan menyampaikantan pada artikel yang kami buat. Pastinya pada forum yang mengizinkan tautan bersifat dofollow.

Berikut forum lokal yang mempunyai jalan masuk tautan dofollow:
bersosial.com
forum.detik.com
forum.kompas.com
www.pilihanonal.com
www.kompasiana.com

5. Social bookmarking

Mungkin Kamu sempat mendengar istilah ini. Social bookmarking adalah sebuah website yang memberi pelayanan di mana Kamu bisa menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat website favorit Anda. Kamu bisa memberikan tautan artikel ke dalam website tersebut. Sebab artikel Kamu bakal dilihat orang, maka Kamu juga memperoleh bonus trafik dari sana!

Akhir-akhir, kegunaaan sosial bookmarking hampir berpindah sebab tak sedikit blogger/ webmaster yang mekegunaaankan sosial bookmarking untuk kebutuhan situsnya sebab bisa meningkatkan trafik, backlink, dan bisa membikin website menjadi lebih mudah dicerna mesin pencari.

Beberapa rekomendasi social bookmarking dofollow yang mempunyai PR tinggi:
Digg.com
DetikIndo.com
www.Lintasblog.com
Dofollow.web.id
Tumblr.com

6. Komentar URL

Komentar URL blog kami ke website web dofollow bisa menolong peningkatan jumlah backlink. Meski efeknya tak lebih terbukti, tapi lumayan apabila kami rutin. Ingat, komentar hanya di website web yang benar-benar bernilai. Untuk mengenal nilai website web, Kamu bisa lihat faktor mutlak backlink bernilai di atas.

Cara komentar? Tinggal sisipkan tautan website web Anda, bisa homepage bisa juga ke artikel. Buatlah kata-kata yang pendek terlebih dahulu, jangan hanya tautan saja yang dikeluarkan, sebab kelak bisa dianggap SPAM. Perbuat ini dengan rutin dan lihat perkembangan website Anda.

7. Sosial media

Akhir-akhir ini Moz meneliti bahwa Google menilai nilai website melewati tautan yang dibangun melewati sosial media, atau yang tak jarang disebut 'social signal'. Menurut Moz, sosial media memberi poin 5% , sisanya dari teknik SEO lainnya.

Anda bisa mekegunaaankan sosial media ternama semacam Facebook, Twitter, dan lain-lain. Terus tak sedikit followers atau likers dari halaman di sosial media Anda, maka terus bernilai tautan yang ditancapkan.

8. Website document sharing

Document sharing adalah layanan untuk meng-upload dan memberikan sebuah arsip berupa tulisan terhadap publik (dapat dilihat tak sedikit orang) ataupun privat (dokumen pribadi). Nah, situs-situs ini bisa kami kegunaaankan untuk memperoleh backlink bernilai.

Tapi bagaimana caranya?

Pertama, buatlah sebuah artikel di Microsoft Word atau PDF, jangan lupa dankan tautan ke halaman website Anda. Contohnya semacam pada foto di bawah ini.

Contoh artikel untuk dimasukkan ke website document sharing.

Kedua, kunjungi artikel berikut; Top 20 Dofollow Document Sharing. Pilihlah salah satu website document sharing yang ditampilkan.

Ketiga, Upload arsip tersebut dan berbagi ke yang lainnya.

+1 backlink!

Cara memperoleh backlink melewati document sharing.

Catatan:

Sewaktu membikin artikelnya, usahakan jangan sama persis dengan artikel yang ingin diberi backlink. Untuk memeriksanya silakan buka tool Plagiarism Checker. Minimal angka Unique berada pada 70%.
Pasanglah foto pada isi dokumen supaya lebih luar biasa.
Tautkan juga situs-situs yang telah populer dan terpercaya semacam Wikipedia, Facebook, dan lain-lain yang mempunyai artikel sama supaya terkesan lebih natural.


8. Tier link building

Pada tahun 2008, beberapa link building yang manjur meningkatkan otoritas website telah diciptakan oleh beberapa webmaster. Tier adalah sebuahteknik meperbuat link ke website lain dengan cara berulang kali hingga akhirnya menuju ke website utama. Teknik ini memakai SPAM, jadi kalau berlebihan memakainya bisa memperoleh akibat kurang baik bagi website web.

Tidak sedikit sekali tier link building yang ada, beberapa diantaranya:

a. Wheel

Adalah teknik membangun tautan yang menyerupai alur roda (wheel). Dulu, tutorial ini benar-benar manjur dan dipakai oleh para master blogger untuk memenangkan kontes SEO. Tetapi sayang sekali bahwa link building ini kini telah terdeteksi SPAM oleh Google. Bila kami tetap memakainya, website kami malah bakal berpersoalan.

Walau begitu, saya ingin sedikit menerangkan mengenai tutorial kerja link building yang satu ini.

Untuk membangun link building jenis wheel, Kamu wajib mempunyai tak sedikit blog cadangan (dummy). Bila belum mempunyai, Kamu bisa membikinnya, tapi ingat, jangan membikinnya hanya melewati satu web 2.0 saja, buat juga melewati Joomla, Wordpress, Blogger, dan lain-lain.

Seusai berakhir membikin blog dummy, langkah selanjutnya Kamu wajib membikin artikel pada setiap blog dummy tersebut. Jangan lupa tautkan tautan ke website mutlak Anda, berbagi juga tautan 'naked' URL. Tak lupuit Kamu juga wajib membikin artikel yang bakal ditautkan ke blog satu dummy lainnya. Dan begitu pula seterusnya hingga akhirnya membentuk alur roda semacam pada foto di bawah ini.

Link building wheel
Link building jenis Wheel


b. Pyramid

Kalau link building yang satu ini diyakini tetap bermafaat dan bekerja pada tahun 2015. Teknik ini menyerupai alur pyramid. Link building ini terbilang lumayan mudah, dan hasilnya bakal sangat 'berkhasiat' pada website Anda.


Link building pyramid
Link building jenis Pyramid


Sebelum menonton tutorial meperbuatnya, Kamu wajib menyiapkan blog dummy, lebih baik blog dummy tersebut Kamu kembangkan dan optimasi terlebih dahulu.

Cara membangun link building jenis pyramid ini:

Pertama Kamu wajib membikin artikel pada website mutlak (yang bakal di optimasi dan diberi backlink). Tetapi bila Kamu ingin memberi backlink ke beranda situs, Kamu tak butuh membikin artikel lagi.
Seusai itu, Kamu buat artikel pada blog dummy, dan artikel yang dibangun wajib seniche atau setopik dengan artikel website mutlak atau beranda situs.
Sampai di sini sebetulnya telah berakhir untuk link building pyramid ini, tetapi kami tetap bisa menyempurnakan lagi. Lebih baik artikel yang Kamu buat pada blog dummy di submit ke sosial bookmarking yang telah saya rekomendasikan di atas, silakan di scroll mousenya. Submit satu-persatu artikel pada blog dummy.
Seusai berakhir, untuk lebih mantap lagi kami bisa berbagi artikel dari blog dummy ke beberapa website sosial media, atau forum juga bisa.
Finish, Kamu sukses menerapkan teknik backlink pyramid!
Catatan: lebih baik artikel yang dibangun pada blog dummy jangan di submit ke Google Webmaster, biarkan artikel Kamu dirayapi oleh mesin pencari dengan cara alami.

9. Beli backlink memakai jasa

Sekarang telah tak sedikit website web yang menyediakan jasa review untuk memperoleh backlink yang bernilai. Apabila Kamu telah putus asa dengan beberapa teknik di atas, Kamu bisa membeli jasa review.

Untuk memperoleh jasa review yang baik, silakan Kamu cari di Google dengan kata kunci "jasa review" dan Kamu bisa lihat dari halaman pertama saja, atau klik di sini.

Selain memakai jasa review, ada juga beberapa orang yang menjual backlink. Kalau untuk ini saya tak menyarankannya, sebab kami tak tahu dari mana orang tersebut memperoleh backlink ke website web kita. Apakah itu bernilai, atau itu malah menyebabkan 'penyakit' ke website Anda. Kalau terbukti terpaksa, pilihlah jasa backlink yang benar-benar terpecaya dan teruji nilainya, kalau tidak, YOU DEAD MAN!

#Bonus: Memakai tool GSA Search Engine Ranker

GSA Search Engine Ranker: Aplikasi untuk membikin ribuan backlink bernilai
Pernah dengar tool ini? Beberapa diantara Kamu semua mungkin sempat mendengarnya. Sebetulnya apa itu GSA Search Engine Ranker?

Adalah sebuah aplikasi yang sanggup menanamkan RIBUAN backlink dari beberapa negara. Keren kan? Ya, pasti saja. Beritanya ada dua, yang satu yang kurang baik, yang satu berita baik. Kami ke berita baik dahulu saja deh...

...Berita baiknya, GSA Search Engine Optimization ini sangat natural dalam membangun backlink, dan ke-sembilan tutorial di atas bisa Kamu perbuat dengan tool ini! Bukan hanya itu saja, GSA SER juga bisa membangun backlink dalam bentuk:
Article.
Blog comment.
Directory.
Document sharing.
Exploit.
Forum.
Guestbook.
Image comment.
Indexer.
Microblog.
Pingback.
Referrer.
RSS.
Social bookmark.
Social network.
Trackback.
URL shortener.
Video
Web 2.0
Wiki.
Sekarang, berita yang tak lebih menyenangkan, yaitu aplikasi ini dibandrol dengan harga $99 atau kurang lebih Rp. 1.500.000. Yah, sebetulnya wajar harganya pun seimbang dengan nilai aplikasi ini. Silakan Kamu beli aplikasi ini bila mempunyai uang yang lumayan tak sedikit.

Walau begitu Kamu pun bisa mencoba DEMO VERSION-nya, silakan menuju pada tautan berikut: Unduh GSA Search Engine Ranker DEMO VERSION.

Itulah tadi beberapa teknik yang manjur untuk memperoleh backlink yang bernilai. Ingat, usahakan buat backlink se-natural mungkin. Maksudnya, bagaimana membikin backlink supaya Google menilai bahwa backlink tersebut natural. Meski susah, tapi efeknya lebih mantap.

Oh iya, saya ingin meningkatkankan. Di bawah ini adalah website web yang mengajarkan tata tutorial penanaman backlink, dan update backlink algoritma pada Google.

Moz.com
Backlinko.com
ShoutMeLoud.com
PanduanIM.com (Lokal)

Keempat website tersebut bisa Kamu pelajari untuk mendalamkan ilmu pengetahuan mengenai backlink. Dan ingat perkataan tak sedikit ahli SEO yang pasti tak jarang Kamu dengar,

 Satu backlink bernilai lebih baik dibandingkan dengan ribuan backlink SPAM.


Mau artikel seperti ini? Coba cek di http://www.indotipstricks.net/
Tag : Backlink, SEO
13 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas"

mantap gan, artikelnya sangat membantu. GB17

Pusat penjualan produk dari kecantikan dan kesehatan Rahma Store

PREDIKSI BOLA|PREDIKSI SKOR|KUIS TEBAK SKOR|BERITA BOLA
http://sukaprediksi.com/
http://sukaprediksi.com/category/prediksi-bola/
http://sukaprediksi.com/category/berita-bola/
http://sukaprediksi.com/category/tebak-skor-bola-berhadiah-idr-50k/
http://sukaprediksi.com/tebak-skor-uruguay-vs-france-6-july-2018/
http://sukaprediksi.com/tebak-skor-brazil-vs-belgium-7-july-2018/
http://sukaprediksi.com/tebak-skor-russia-vs-croatia-8-july-2018-berhadiah-idr-50k/

http://poker899.vip/index.php
http://poker899.vip/register.php
http://poker899.vip/game_news.php?menu=game
http://poker899.vip/game_news.php?menu=news
http://poker899.vip/referral.php
http://poker899.vip/jackpot.php
http://poker899.vip/mobile.php
http://poker899.vip/contact.php

POKER899 | Agen Poker Terpercaya | Agen Poker | Domino QQ | Agen Poker Uang Asli

agen judi poker online terpercaya
https://pokeronlineok.org/index.php
https://pokeronlineok.org/register.php
https://pokeronlineok.org/game_news.php?menu=game
https://pokeronlineok.org/game_news.php?menu=news
https://pokeronlineok.org/referral.php
https://pokeronlineok.org/jackpot.php
https://pokeronlineok.org/contact.php

judi poker online terpercaya
https://pokeronlineok.org/index.php
https://pokeronlineok.org/register.php
https://pokeronlineok.org/game_news.php?menu=game
https://pokeronlineok.org/game_news.php?menu=news
https://pokeronlineok.org/referral.php
https://pokeronlineok.org/jackpot.php
https://pokeronlineok.org/contact.php

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Back To Top